Twitter
RSS

MODUL 2.2. RESIKO MENJALANKAN USAHA


 
Analisis aspek resiko SDM

 
Disini wirausaha perlu menganalisis dan menciptakan kondisi kerja yg produktif bg karyawan,dg cara
  1. Dgn manajemen yg terbuka shg ada kejelasan tugas bg karyawan.
  2. Memliki mekanisme utk mendengar dan memperhatikan keluhan karyawan


  • Melakukan penilaian dan antisipasi terhadap karyawn yang tidak puas

  • Proses rekruitmen SDM yang tepat

  • Aspek resiko SDM yang perlu dicermati :
    1. Resiko antara para eksekutif puncak dg pekerja inti
    2. Resiko dlm hubungan industri
    3. Resiko para karyawan
    4. Resiko tidak beretika dlm bekerja dan berbisnis

       
    Analisis aspek Potensi pasar

     
    Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan serta mau dan mampu dalam pertukaran utk pemenuhan kebutuhan atau keinginan tsb
    Dengan adanya globalisasi maka pasar semkn luas, namun resiko jg semakin besar. Jk salah memperhitungkan peluang pasar, maka produk akan gagal dan menyebabkan kerugian atau kebangkrutan.
    Yang perlu dilakukan dalam Analisis Potensi Pasar :
    • memperoleh fakta tentang potensi pasar
    • mengenali persoalan pd potensi pasar
    • mengurangi resiko usaha

     
    Analisis Aspek Produk

     
    Produk adl sesuatu yang dpt ditawarkan utk memnuhi kebutuhan atau keinginan publik.
    Produk ada 2, Produk barang dan jasa.
    Produk agar diterima harus : memuaskan konsumen. Sehingga Perlu diadakan analisis dlm : memilih segmen pasar, memposisikan produk dg persepsi yg tepat, harga terjangkau, menciptakan produk baru, mencari segmen baru, memperbaiki penampilan produk dsb.

     
    Analisis Aspek Pelanggan
    Penjual barang atau jasa hrs mampu menjual barang yang bisa diterima dan dpt mengikat pelanggan,yaitu dgn mengutamakan mutu dan pelayanan.
    Yang perlu dianalisis adalah :
    1. Indikator sikap pelanggan pd produk
    2. Pengembalian produk oleh pelanggan yg brtambah
    3. Penurunan jumlah pembelian produk oleh pelanggan

     
    Analisis Aspek Pesaing
    Pesaing adl mereka yang mengejar sasaran pasar yang sama.
    Perusahaan hrs terus membandingkan produk,harga,distribusi,promosi dg pesaingnya.
    Ada empat tingkat persaingan, Perusahaan bisa menganggap perusahaan lain dengan melihat hal-hal sbb :
    1. Persaingan merk
      Pesaing adl perusahaan lain yang menawarkan produk atau jasa sejenis kpd pelanggan dan harga relative sama
      Mis : Aqua dg Ades,Aqua dg Zam
    2. Persaingan industri
      Pesaing adl semua perusahaan yg membuat jenis produk yg sama
      Mis : Agua dg semua produsen air minum dlm kemasan ( AMDK )
    3. Persaingan bentuk
      Pesaing adl semua produk manufactur perusahaan yg memberikan jasa yang sama. Mis : Aqua dg semua produk minuman dlm kemasan dan minuman ringan spt cocacola, teh, sari buah dsb
    4. Persaingan umum
      Pesaing adl Semua perusahaan yang bersaing utk mendapat konsumen yg sama. Mis : Perusahaan yg memproduksi brg konsumsi, peralatan dapur dll.

       
    Analisis Aspek Bahan Baku/Produksi
    Bahan baku bisa diperoleh dengan
    • memproduksi sendiri
    • Supplier
    • kemitraan
    Mis : Garuda Food, produsen kacang garuda mengadakan kemitraan dengan pemilik kebun dan petani kacang agar pengadaan bahan baku lancar dan sesuai standar mutu perusahaan
    Contoh lain, Mac Donald Indonesia memberi biimbingan teknis kepada para peternak pemasoknya agar standar kualitas tetap terjaga dan pasokan lebih terjamin

     
    Yang musti diperhatikan dalam analisis resiko bahan baku adalah
    1. tersedianya bahan baku secara kontinyu
    2. Sifat bahan baku ( tahan lama atau tidak )
    3. Bahan baku mudah / tidak mudah didapat
    4. Pengadaan TK yang berhubungan dg penyediaan bahan baku
    Hasil anilisis bahan baku berisiko jika :
    • Kualitas bahan baku tidak baik
    • Tidak ada pengendalian bahan baku
    • Produksi bahan baku kurang / terlalu banyak
    • Tidak ada gudang penyimpanan bahan baku

     

     
    Analisis aspek pemasaran
    Yang perlu dianalisis :
    1. strategi bersaing
    2. Kegiatan pemasaran
    3. Segmentasi pasar
    4. Nilai penjualan produk di pasar
    5. Market share yang dikuasai perusahaan
    Aspek pemasaran berisiko jika :
    1. Kinerja produk yang rendah
    2. Kegagalan dalam pengembangan produk
    3. Perang harga
    4. Perubahan permintaan produk
    5. Distribusi yang bermasalah
    6. Promosi kurang efektif
    7. Pemalsuan merk
    8. Kebijakan pemerintah yg tidak tepat di dlm dunia usaha

       

    Comments (0)

    Poskan Komentar

    RINGKASAN MODUL UNTUK BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SMU KELAS XII

    Total Pengunjung

    Bisnis

    Download

    Facebook Fans

    Entri Populer

    Followers